Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Rahasia Mengapa Harley Davidson Punya Suara Bergemuruh yang Khas, Ternyata Bukan dari Knalpot

Motor gede (moge) kelas atas Harley Davidson, selain kita kenal dari modelnya yang khas juga bisa kenal dari gelegar suaranya.Apakah Anda berpikir jika suara Harley Davidson tersebut adalah dari pipa knalpot yang dimilikinya? 


Ternyata bukan.

Hal ini berkaitan langsung dengan mesin yang dipunyai Harley Davidson dan tidak bisa ditiru motor Jepang. Dirangkum dari Serayamotor, pada mesin Harley Davidson, kedua seher menuju kruk as hanya punya 1 pin dan kedua piston rod dihubungkan dengan 1 pin. Mesin Harley Davidson juga memiliki proses pengapian berupa: piston A melakukan pengapian. Piston B melakukan pengapian pada 315 derajat (ada gap 405 derajat), begitu seterusnya.

Baca juga : cover motor yang melindungi 100%

Tidak mengherankan lewat model mesin tersebut, suara moge Harley Davidson terdengar layaknya helikopter. Konfigurasi mesin ini juga sudah terdaftar hak patennya di Amerika Serikat. Terbilang unik konfigurasinya, karena mesin tersebut mampu memuntahkan torsi besar dari mesin berdimensi kecil.

Mesin Harley Davidson juga menggunakan dual fire ignition sistem yang bisa menghasilkan suara bergemuruh atau seperti ledakan. Jadi kini sudah jelas, rahasia suara big bike Harley Davidson bukanlah berasal dari pipa knalpotnya.

Baca juga : cover motor yang melindungi 100%

Sebab pipa knalpot Harley sendiri hanya terangkai sederhana dan diberi banyak silincer. Sayangnya suara khas V Twin Harley David ini tidak akan bisa kita temui pada mesin serupa produsen Jepang. Alasannya bukan karena Jepang tidak bisa membuat. Melainkan terkendala hak paten.

Post a Comment for "Inilah Rahasia Mengapa Harley Davidson Punya Suara Bergemuruh yang Khas, Ternyata Bukan dari Knalpot"