Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Mengasuransikan Mobil Antik Anda? Begini Hitung-hitungannya

GridOto.com - Kondisi mobil yang sudah tua sering kali menyebabkan mobil rentan akan kerusakan yang parah. Oleh sebab itu, perlu memberi perlindungan kepada mobil antik Anda agar ketika mengalami sebuah kecelakaan tidak perlu keluar dana terlalu banyak.

Lalu, berapakah biaya preminya?
Iwan Pranoto, Head of Communication and Event Asuransi Astra menuturkan, mobil di atas 5 tahun kira-kira akan ditambahkan rate harga sebesar 5%. Sedangkan mobil di atas 10 tahun ditambahkan rate harga sekitar 10 % dari premi normal. Artinya, jika mobil antik Anda ingin mendapatkan perlindungan secara menyeluruh, Anda akan diwajibkan untuk menambah uang premi dari harga yang sudah ditetapkan.


Iwan menambahkan, cara menghitung biaya asuransi mobil antik umumnya berbeda tiap perusahaan asuransi, tergantung jenis dan harga kendaraan. Namun, secara umum tarif premi yang berlaku untuk mobil antik bersifat regresif. Maksudnya, apabila nilai pertanggungan yang ditetapkan makin mahal, maka makin kecil persentase tarif preminya.


Sebagai contoh, jika pada tahun 2016 lalu harga mobil antik tipe A hanya sekitar Rp 329,6 juta, dan Anda memilih polis yang menjamin semua risiko kecuali yang disebut dalam pengecualian. Yakni dengan nilai premi sebanyak 1,88% dari harga mobil tersebut, maka premi yang harus Anda bayarkan adalah Rp 6,2 juta.Namun, ketika pada tahun 2017 ini harga mobil Anda nilainya naik di pasaran menjadi sekitar Rp 533,9 juta, maka persentase preminya turun menjadi 1,32%, tetapi total biaya preminya naik, yakni menjadi sekitar Rp 7 juta.

Post a Comment for "Ingin Mengasuransikan Mobil Antik Anda? Begini Hitung-hitungannya"